Dampak Kurang jam Tidur dan Kerja di Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh



Image result for dampak kurang tidur
Gambar ilustrasi
Dampak Kurang jam Tidur dan Kerja di Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh Sekarang ini banyak orang baik Pria maupun Wanita yang memiliki banyak aktivitas yang cukup menyibukan setiap harinya, dan terkadang harus menyelesaikannya hingga larut malam bahkan seperti karyawan yang harus bekerja malam dan pulang pagi. Sehingga dengan aktivitas tersebut mungkin ada banyak orang yang akhirnya mengabaikan pentingnya istirahat untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Ketika tuntutan aktivitas kerja yang harus dilakukan kerja pada malam hari seringkali akan membuat seseorang lupa akan pentingnya kesehatan tubuhnya, sehingga tubuh tentu saja menjadi kurang istirahat. Pada saat awal mungkin terasa biasa saja, namun yang perlu kalian tahu ternyata ada beberapa penyakit dan masalah kesehatan lain yang diakibatkan oleh kurangnya jam tidur atau pun bekerja pada malam hari? Selain kurang tidur akan menggangu aktivitas ternyata efek nya juga bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan pada tubuh, apalagi jika kekebalan tubuh rendah.

Tidur malam yang direkomendasikan setiap harinya sekitar 7 – 8 jam. Kurang tidur atau terlalu lama tidur juga tidak baik bagi kesehatan jadi sebaiknya Anda cukup tidur dengan kualitas yang baik setiap harinya. Anda juga perlu hati-hati, karena kurang tidur akan berdampak negatif bagi wajah dan bisa menyebabkan kantung mata bahkan mata panda seperti mata pemabuk
.
Maka dari itu Anda harus dan perlu  tahu apa saja bahaya kurang tidur yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan ini sehingga Anda bisa lebih peduli dengan kesehatan Anda dan bisa menjaga pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup dan memenuhi gizi harian Anda.


Gambar ilustrasi
Disini saya akan memeberikan sedikit informasi pada anda seputar dampak yang ditimbulkan ketika tubuh kurang tidur di malam hari dan sebagian juga seperti yang saya pernah alami, yang patut Anda hindari karena akan berdampak pada munculnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh Anda. Dibawah ini merupakan dampak kurang tidur malam,yaitu :

1.) Strees
pada saat tubuh kurang tidur, salah satu hormon yang bernama hormon koristol dalam tubuh akan meningkat. Selain itu ketika hormon koristol tinggi akan mengakibatkan detak jantung yang semakin cepat sehingga bisa memperbesar resiko seseorang terkena stroke bahkan serangan jantung. Seperti yang dikutip dari medscape hormon stress yang menignkat pada orang yang memiliki kesulitan tidur juga bisa mengingkatkan resiko diabetes tipe 2.

2.) Gangguan Daya ingat Otak
Apabila tubuh kurang tidur biasanya akan membuat seseorang menjadi kesulitan untuk berkonsentrasi atau fokus pada yang dia ingin ingat saat itu bahkan bisa jadi keseringan lupa(pikun). Namun efek dalam jangka panjang, efek kurang tidur akan semakin besar dan menggangu kemampuan kognitif anda. Penelitian yang pernah dilakukan di University of Oxford England, United Kingdom, memberitahukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki otak yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan orang yang tidurnya normal di malam hari.

3.) Obesitas
Kurang tidur biasanya dikarenakan alasan beberapa orang untuk begadang karena tuntutan kerja. Ketika begadang atau bekerja di malam hari seseorang biasanya selalu ingin mengkonsumsi makanan, padahal aktivitas pada malam hari tidak membuang banyak energi sehingga makanan yang dikonsumsi kemudian disimpan oleh tubuh dan menjadi bentuk lemak. Apabila hal ini dilakukan terus menerus secara berkepanjangan maka seseorang beresiko mengalami obesitas yang diketahui bahwa obesitas itu  dapat menjadi pintu dari berbagai serangan penyakit lainnya.

4.) Cepat Tua
Ketika tidur ada beberpa sel tubuh yang mati dan akan tergantikan sehingga apabila tubuh kurang tidur maka regenerasi sel tubuh akan menjadi lebih lambat. Sehingga tubuh dapat mengalami penuaan yang lebih cepat. Bahkan penelitian yang dilakukan di Skotlaindia memberikan bukti bahwa kurang tidur berefek pada kulit wanita yang berhubungan dengan berkurangnya kesehatan kulit dan terjadinya penuaan kulit yang lebih dini. Selain itu ada juga penelitian yang dilakukan oleh Dr. Juno Lo dari Duke-NUS Graduate Medical School di Singapore bahwa orang tua yang tidurnya kurang akan mempercepat terjadinya penuaan pada otak dan juga menurunnya fungsi kognitif.

5.) Penurunan Imunitas
Saat tubuh tidur dan beristirahat maka tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang merupakan salahsatu hormon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah yang cukup bagi tubuh untuk bisa menangkal berbagai bakteri dan virus. Selain itu penangka kanker yang dikenal dengan nama TNF atau Tumour Necrosis Factor juga dihasikan dari pembuluh darah ketika tidur. Sehingga apabila tubuh kurang ttidur maka imunitas tubuh akan menjadi semakin melemah dan membuat pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit menjadi lebih terbuka dan sangat rawan terserang oleh berbagai penyakit. Maka dari itu, dokter biasanya memberikatahukan pasiennya untuk tidur dengan cukup pada saat sakit menyerang tubuh.

Selain masalah kesehatan diatas yang merupakan Dampak Kurang  Jam Tidur, berbagai masalah kesehatan lainnya juga dapat timbul apabila seseorang kurang tidur atau kurang istirahat karena tentu saja tubuh memerlukan waktu jeda untuk memulihkan kondisi tubuh untuk esok hari melakukan aktivitas harian Anda lainnya.
Dengan mengetahui informasi seputar Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh, Anda diharapkan bisa untuk selalu menjaga tubuh Anda agar bisa beristirahat dengan cukup. Waktu tidur yang direkomendasikan agar tubuh cukup istirahat dan bisa fit berakitivtas kembali antara 7 – 8 jam

Semoga artikel berjudul Dampak Kurang Tidur dan kerja di malam hari Bagi Kesehatan Tubuh bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. 💪😀

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel